NIKMATNYA MENULIS...\(^.^)/...

Seperti yang telah dijanjikaaaan ... Eng Ing Eeeng... \(^.^)/..

Hahay.. Sayembara Nikmatnya Menulis di buka lagi untuk periode III dari Maret - 31 Juni 2012.

Tema BEBAS, Cerpen Bebas, KOmik Bebas, Narasi Bebas, Puisi Bebas, Lukisan juga boleh, Lagu juga boleh.. Apa aja deh... yang penting ASLI bikinan sendiri

Tulisan dan lagu dalam bentuk file bisa dikirim ke email leaguie@gmail.com atau di note dan tag aku atau ke LA Computer Jl. Kauman No. 3 yaaa..-Kalau Lukisan dan Komik serahkan aja ke saya atau ke LA Computer mbak Inti atau Santi. OKEEEE...

DITUNGGUUU KARYA-KARYA DAHSYATNYAA...MAN JADDA WAJADA!!..SEMANGAATTT!!..(^.^)/..

____________________________________________
Berawal dari keprihatinan saat anak-anak diminta berpendapat tentang sebuah berita atau artikel, atau diminta untuk mendiskripsikan sesuatu, pendapat atau diskripsi itu serasa dangkal dan tidak spesifik. Seorang guru "kurang kerjaan" meminta anak-anak itu untuk membaca buku yang mereka sukai, membaca bebas buku apa saja termasuk komik pokoknya yang mereka sukai, kemudian setiap selesai membaca buku, mereka wajib untuk menuliskan perasaan mereka di note di FB atau di wall guru itu.
http://untukanakbangsa.blogspot.com/2011/11/nikmatnya-membaca.html

Tugas ini akhirnya berkembang, ternyata tulisan anak-anak sangat dahsyat, kemudian kategori tulisan ditambah, selain review buku, anak-anak juga dapat menulis puisi, novel dan cerita pendek dengan tema bebas, bahkan menulis pengalaman buruk mereka saat membaca (inspirasinya karena ada seorang anak yang mengeluh tidak suka membaca apapun)

Untuk lebih menarik, akhirnya dibuatlah semacam sayembara bertajuk Nikmatnya Menulis...\(^.^)/.., tulisan favorit dan terbanyak disimak dan dikomen akan menjadi pertimbangan tersendiri-

Akhirnya penerima award untuk periode II bisa di simak disini http://kemerdekaanmenulis.blogspot.com/2012/01/penerima-award-sayembara-nikmatnya.html

Minggu, 18 Desember 2011

ADA yang HILANG dari HIDUPKU


 
Waktu SMA kelas 10 banyak teman-temanku yang “CINLOK” alias cinta lokasi bersama teman-teman satu kelas juga. Termasuk aku juga he.he.
Waktu awal masuk SMA kelas 10, aku belum kenal sama teman-teman 1 kelas, hingga akhirnya aku berkenalan sama asti. Aku dan asti duduk di bangku pojok balakang sendiri, di bangku depan ada 2 orang cowok yang namanya Aldi dan Oha, mereka berdua lucu, hingga seringkali membuatku dan Asti tertawa terbahak-bahak karena ulah mereka. Dari situlah kami berempat saling menggida dengan lelucon yang membuat kami tertawa.
Dari kedekatan inilah Aldi sering mnggodaku dan berkata-kata gombl kepadaku. Waktu itu kurasa mungin hanya perasaanku saja, kata teman-teman 1 kelas dan Asti, Aldi sering memperhatikanku, bahkan semua buku tulisku dia tulisi dengan nama club bola yang dia sukai yakni BARCELONA. Namun aku cuek saja waktu itu, karena aku belum ingin mempunyai seorang pacar. Tapi kenyataan lain, aku malah mulai mencintai Aldi, karena bagiku Aldi lucu, bisa menghiburku ketika aku sedih atau lagi BT. Namun ku diam saja, sedangkan Aldi sering sms in aku dan memperhatikanku, hingga akhirnya tepat pada malam minggu jam 20.00 Wib, tanggal 08 Mei 2010 Aldi sms ku:
“Lin, kamu dah punya cowok belum? “ sms Aldi
“belum lah, aku kan gak tahu cowok hee” balesku
“ah kamu bisa aja, padahal kamu cantik lo,” bales Aldi
“sumprit, aku gak punya cowok kok”, jawabku
“wah pas banget dong, sekarang kan juga tanggal 8, boleh gak aku mgnisi hatimu dan harimu. Mau gak kamu jadi cewekku” Tembak Aldi.
Seketika Aldi bilang begitu, aku kaget banget, mau aku jawab apa? Dalam hati aku, aku berkata (apakah dia bisa menjaga aku, menepati janji-janjinya) karena aku gak ingin terulang lagi kisah cintaku yang pahit di masa lalu. Terus sms Aldipun ku balas.
“hmmmm…iya aku mau jadi cewek kamu, asal jangan sakitin aku” jawabku
“iya. Aku sayang banget sama kamu, dari awal aku liat kamu masuk kelas dan aku akan jagian kamu kok” balas Aldi.
Senenga rasanaya dia bilang begitu, karena ternyata dia lebih dahulu mencintaku. Mulai dari itulah Aldi lebih berani mendekatiku di kelas, duduk bareng bersamaku. Namun aku belum berani bilang sama tema-teman tentang hubunganku termasuk Asti teman dekatku, sedangkan Aldi pengen juga teman-teman pada tahu. Hingga Asti pun Tanya padaku:
“Cint, kamu jadiannya dama Aldi”, Tanya Asti
“Hla menurutmu gimana As”, tanyaku pada Asti
“ah kamu, ma temen sendiri kok gitu”, jawab Asti sewot
“hehehe”, jawabku
Alasanku gak berani publikasikan ke semua orang, karena banyak cewek-cewek yang suka sama Aldi termasuk Naswa. Naswa itu 1 angkatan sama aku dan Aldi, tapi beda kelas, dia sering datang kekelasku untuk sekedar elihat Aldi. Padahal Naswa nyataain cintanya sama Aldi, tapi Aldi menolak dan memilihku. Aku takut kalau di publikasikan aku membuat para cewek-cewek yang suka Ali akan menghancurkan hubungan kita, dan aku gak ingin terjadi itu.
Hinga waktu kemah kelas 10, angkatan kami semua kemah di Mendot, Banyu Biru. Namun Asti gak ikut, dia di perkemahan Aldi perhatian banget sama aku dan teman-teman semakin bertanya-tanya dalam hati, tentang hubunganku dan Aldi.
agoespoenyainfo.blogspot.com
“hayo kalian berdua ngaku aja deh lo dah jadian”, teriak Tria dan Dani.
“hehe ya beginlah kita”, jawab Aldy.
Waktu malam hari di area pekemahan, saat api unggun mau dimulai, tiba-tiba listrik mati, saat itu juga aku sendiri di dekat tumpukan kayu api unggun karena di suruh kaka Pembina ngumpulin kayu. Rasa takut bukan main, aku hanya bisa diam dan langsung ke ketik sms untuk Aldi, yang sedang main keluar.
“mas, jemput adek di dekat kayu api unggun, sini mati ampu, mau ke tenda takut”
Aldi pun membalas dan tak lama kemudian dia menghampiri aku, dengan membawa kopi untuk menghangatkan tubuhku, dan dai memberikan jaketnya kepadaku. Dalam hatiku bilang “So Sweett”.
Waktu di area perkemahan saling bertanya tentang hubunganku ma Aldi, sambil malu-malu kami menjwab sudah, semua teman-teamn pun memberikan kami selamat. Aldi pun saat itu juga berjanji padaku kalau dia tambah sayang sama aku dan akan jagain aku.

Namun waktu kenaikan kelas II kami pisah, gak 1 kelas lagi. Aldi ngotot pengen 1 kelas sama aku, tapi aku gak mau, karena menrutku jika kita 1 kelas sama pacar takut diomongin guru-guru dan pasti kosentrasi lebi buyar. Namun Alhamdulillah lambat laun Aldi pun memahami. Setiap istirahat pertama, Aldi datang kekelasku nemenin aku, meskipun hanya untuk sekedar berbicara atau bertemu saja biar gak kangen.
Hingga saat study tour di Bali tanggal 10 Desember 2010 kita semua berangkat ke Bali. Aku dan Aldi 1 bus, seneng rasanya temen-temen bilang
“enaknya kalian berdua satu bus, wah romantis ki kow nak di Bali” kata salah satu temenku
“terimakasih, makasih….alhamdulillah ya” jawabku dan Aldi.
Waktu perjalanan di Bali hari-hariku, ku habiskan bersama Aldi sangatlah menyenangkan sekali, di bus kami bercerita bersama, semuanya tersa sangatlah indah. Apalagi pas malam minggu. Tiba-tiba Aldi berkata padaku:
“Dek, baru pertaka kali ini yah, kita malam mingguan bareng berdua”, kata Aldi sambil tersenyum.
“Iya mas, maafing adek yah karena adek gak bisa keluar malem, cos adek gak  dibolehin ortu.” Jawabku.
“iya deh, mas bisa memahami adek kok, santé saja adekku sayang”
Setelah berkata itu Aldi tiba-tiba menatap wajahku dan membuat hatiku bergetar, sambil berkata:
“dek, mumpung kita malming bareng, liat bintang bareng yo dek, walaupun dari bus” haha.
Sambil melihat bintang, kami berdua cebrcerita berdua bersama, sampe aku terlelap tidur di bahu Aldi, kami bangun saat penyebarangan di “Gilimanuk”, walaupun rasa kantuk masih menyelimuti kita dan teman-teman semua tapi kita harus bangun dan memasuki kapal.
Sesampai di kapal, temen-temen ada yang tidur, ada yang naik di tingkat kapal, begitu juga aku dan Aldi, sambil melempari uang koin sama anak-anak yang menyelam di laut. Aldi pun memfoto aku dan dia yang diiringi sorak-sorak dari teman-temen Aldi bilang “dek TITANIC an yo” temen-temen yang dengar Aldi bilang b egitu pada tertawa. Aku hanya tersenyum manja sambil berdiri di  pagar pojok kapal, seperti di film TITANIC, dan tangan kami terlentang hinga si Asti dan teman-teman bilang “SO SWEDDDT” .
Setelah menyebrang, kami menuju “Tanah Lot”, di sana kami mandi, makan dan menuju di tempat wisata. Teman-teman ada yang foto-foto, ada yang main-main sama bintang laut, ada juga yang hanya duduk-duduk. Sedangkan aku dan Aldi ingin mengabadikan kenangan kita di Tanah Lot dengan berfoto berdua, berfoto bareng-bareng dan samapai sekarang pun foto-foto itu masih tersimpan rapi di dompetku.
Setelah itu kami menuju pantai “Pantai Kute”, di Kute aku dan Aldi berpencar karena Aldi bersenang-senang bersma cowok lain, sedangkan aku dan temen-temen berfoto-foto dan main pasir, selanjutnya di lanjutkan di “Pantai Sanur” sesampai di sana malah hujan gerimus. Namun aku dan Aldi, Nia, Yudi dan teman-teman nekat turun, karena penasaran sama Pantai Sanur dan mumpung juga di Bali.
Aku dan Aldi beli jagung bakar, begitu juga Nia dan Yudi, namun tiba-tiba hujan turun deras, untung saja aku bawa paying, sedangkan Nia dan Yudi malah lari dan meninggalkan aku dan Aldi di Pantai. Aku dan Aldi payungan berdua sambil makan jagung bakar dan menuju ke Bus, teman dari bus pada bersorak-sorak melihat aku dan Aldi berjalan berdua sambil payungan, setelah sampai di Bus Endi tiba-tiba bilang dengan Gokilnya:
“kalian berdua jangan mingin-minginin yang lagi jomblo to” kata endi.
“makanya cari to endi”, jabaku serempak sama Aldi.
“ah mungkin belum saatnya”, tukas endi dengan senyum khasnya.
Perjalananpun berlanjut di “Tanjung Benua” di sana kita semua makan siang dan menyaksikan pemandangan laut nan indah sekali, bersama menikmati hidangan siang hari. Teman-teman ada yang melihat kura-kura, ada juga yang Cuma duduk saja.
Aku, Aldi, Asti, Yudis, Oka, Ani, Nia dan teman-teman lainya makan bersama dan makan lutisan bareng-bareng di iringi angin sepoi-sepoi dan canda. Namun naat nasibku, ditengah keseruan, perutku sakit banget, dan Aldi pun mengantarku ke bus.
“dek, istirahat  di bua saja, mas gak ingin adek sakit”, kata Aldi sambil menyentuh Jidatku.
“iya mas, mas nak mau kesana lagi ga papa. Lagian adek juga udah ada temen-temen”, jawabku
“gak lah dek, mas mau nemenin aek kok, tak ambilin minyak putih dan tak beliin minuman dulu ya” kata Aldi lagi.
“mas beliin lotis lagi ya!” godaku terhadap Aldi
Namun Aldi malah bilang yang bernada memperingatkanku, lalu dia pergi membeli minuman dan tak lupa dia mencubit hidungku yang pesek.
Dalam hati aku seneng banget liat Aldi begitu perhatian sekali sama aku, saat Aldi kembali, aku sudah tertidur di Bus dan ketika aku bangun, ternyata Aldi menyelimutiku dengan switernya, sedangkan Aldi sudah tertidur pulas disampingku. Akupun menyelimutinya dengat jaketku, sambil berkata “makasih atas perhatiannya sayang” walaupun Aldi tak mendengar ucapanku itu. Setelah sampai di pusat perbelanjaan “Cah Ayu” di bali aku membangunkannya. Aldi pun turun, tapi dia tidak bersamaku, melainkan bersama teman-temannya tatoan di sekitar Cah Ayu. Sedangkan aku dan Nia mencari “cincin couple” buat aku dan Aldi, setelah mendapatkannya, kamipun berbelanja oleh-oleh buat orang dirumah, tak lupa aku dan nia membeli minuman favorit kita yaitu kopi dan kamipun mendapatkan kopi khas Bali.
id.88db.com
Setelah puas belanja oleh-oleh, aku, Asti, Nia, celin dan teman-teman pada kumpul-kumpul di Bus, sambil bercerita dan bercanda ria. Dengat logatnya Asti yang khas, Asti yang kebingungan mencari cas Hp nya langsung mengajak Lilis untuk mencari tempat ces-cesan. Setelah pemandu menyuruh kami semua masuk di Bus masing-masing, kulihat Aldi dengan tatonya di kaki, membuatku pengen tatoan, dan dia berjanji akan mengantarku jika ada para penato bali lagi. Bus pun meluncur menuju tempat Sendra Tari khas Bali yaitu “Tari Kecak”. Di sana kita melihat tarian khas Bali itu, akupun bersama Aldi dan teman-teman duduk diantara orang Jepang dan Malaysia. Aldi pun mulai berkata:
“dek, di depan kita ada orang Jepang di belakang kita orang Malaysia kita ditengah gunakan bahasa Jawa yo dek” ajak Aldi dan teman-teman.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      
Sambil melihat sendra tari, kamipun berbicara menggunakan bahasa jawa kromo. Sedangkan teman-teman malah pada ketawa melihat tingkah kita. Aldi bagiku sangat berarti di hidupku karena ku sangat menyayanginya.
Selesai pertunjukan sendra tari kami menuju hotel “Gatsu”. Setelah sampai di hotel kami semua makan dan mandi. Aku sama Aldi pisah karena cewek gak boleh bertemu cowok, dan apabila ketemu harus dijaga ketat oleh guru.
Aku satu kamar sama Rofiana, Nia dan Reta, kami berempat gila-gilaan di dalam kamar dan bersuka ria.
Pagi hari setelah semua mandi, makan dan beres-beres hari itu tanggal 13 Desember 2010 hari terakhir kita di Bali dan kami meninggalkan hotel dan menuju pusat perbelanjaan “Karang Kurnia”, “Sukowati”, dan “Joger”. Di Joger Aldi ngakal aku membeli sandal couple di Joger dan aku pun membelinya bersama Aldi berwarna pink dan langsung kami pake berdua. Setelah bersuka ria berbelanja di Joger, kami menuju “Danau Bedugul” di Bedugul aku tatoan di kaki, kami seperti sesosok orang paling dekat di daerah pulau Dewata Bali. Di Bedugul kami makan siang dan melihat Danau yang eksotis itu, tak lupa aku, Aldi, Aini, Aris, Hari menaiki Standboad dengan mengelilingi Danau Berdugul.
Aku duduk di depan bersama Aldi sedangkan Aini, Aris dan Hari duduk dibelakang. Begitu indahnya hari itu, tak ada kesedihan menyelimuti hatiku, kecuali rasa bahagia dan indah.
Pemandangan di Bedugul apalagi patungnya keren sekali. Setelah selesai kamipun beranjak pergi dan pulang. Jalan-jalan pulang dari Bedugul, jalanya berkelok dan membuat perut kami mual. Malam harinya di bus sebelum penyebrangan Aldi memandangku dan memasukkan cincin ke dalam jariku sambil berkata:
“mas untuk adek, adek untuk mas ya, saling jaga hati ya dek, I Love You”
Ucap Aldi padaku sambil memegang jariku dan memakaikan cincin itu lalu mengecup jidatku.
Senyum melimpah di bibirku tepat tanggal 13 Desember 2010 adalah salah satu hari terindah. Sampai di penyebrangan kembali dan kami pulang kerumah masing-masing dengan selamat.
Pagi cantikkkk….
Aku dibangunin Aldi katanya dia mau ikut lomba futsal dan mewakili kelasnya, karena memang dia pandai di olah raga khususnya sepak bola. Akupun menemani Aldi dari pagi sampai jam 4 sore, karena aku kagum dan senengnya punya pacar seperti dia.
Tak lupa kalau dia maen sepak bola mewakili sekulku, akupun ikut menemaninya.
Namun kemesraan itu mulai berkurang karena ada para cewek-cewek yang menyukai Aldi dan membuatku jadi prosesif, terus Aldi dapat masalah juga sama keluarganya. Pemikiran kita semakin semrawut dan hampir retak oleh masalah-masalah yang menghampiri kita. Tanggal 11 April 2010, Aldi memberiku boneka warna ungu, warna favoritku dan boneka itu kuberi nama DILA dengan nama singkatanku bersama Aldi. Bukannya malah reda masalahku sama Aldi, malah tambah masalah yang lain menghampiriku hingga membuatku semakin retak dan setelah Aldi sering mendapat masalah itu dia sering kali berubah, mungkin dia tertekan oleh masalah-masalah itu apa sudah bosen ma aku, aku tidak tau pasti. Sampai akhirnya tanggal 18 April 2010, jam 17.00 menit 5 detik ke 13, Aldi mutusin aku dengan alesan dia bilang ingin mengakhiri hubunganku dan dia ingin membahagiakan ibunya, karena ibunya belum ingin melihat Aldi pacaran dan Aldi juga bilang “dek, aku yakin kita akan bersama lagi” kata Aldi yang semakin membuatku menangis menjadi-jadi.
Aku sangat sedih sekali mendengar keputusan Aldi, begitu sakit hati ini harus meninggalkan dan sejuta kenangan yang indah diantara kita, namun mau gimana lagi, aku harus terima kenyataan itu. Karena ku tau bagiku itu yang terbaik bagiku, apalagi Aldi meyakinkanku tentang kita bersamaku.
Namun kenyataan, berkata lain dan tambah membuat luka yang masih basah dengan luka dia mutusin aku, ditambah lagi luka lagi, belum sampe 1 bulan putus ma aku, Aldi dah punya cewek lagi, hal itu yang memperburuk kondisiku sampai aku jatuh pingsan, karena aku shock coz dia janjinya dulu dia ingkari dan aku belum bisa menerima keadaan, sampe aku pernah mengukir namanya di tanganku, sampe teman-teman bingung dengan aku sampai berkali-kali, darahpun mengalir dari tangan ini.
Walaupun dia begitu aku masih sayang sama dia karena bagiku banyak kenangan indah bersama Aldi dan kenangan indah itu tak kan pernah ku lupakan, walaupun dia sekarang dah punya cewek penggantiku lagi, aku belum bisa mencari penggantinya, karena dia orang yang masih tinggal di hatiku dan sampai sekarang belum ada yang bisa ganti dia di hatiku, walaupun dia dah sakitin aku dengan ucapannya.
Mungkin semua itu ujian dari Tuhan untuk menguji kesabaranku dan menguji keikhlasanku untuk merelakan orang yang ku sayang sekali untuk orang lain. Semoga aku bisa melupakan atau menghilangkan rasa cinta itu buat dia dan mencari penggantinya. Setiap dengar lagunya “IPANK – Ada Yang Hilang” semoga menjadi pelajaran yang berharga buatku, aku juga sering dengerin lagunya “Samson – Kenangan Terindah”.

By Lina--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar