NIKMATNYA MENULIS...\(^.^)/...

Seperti yang telah dijanjikaaaan ... Eng Ing Eeeng... \(^.^)/..

Hahay.. Sayembara Nikmatnya Menulis di buka lagi untuk periode III dari Maret - 31 Juni 2012.

Tema BEBAS, Cerpen Bebas, KOmik Bebas, Narasi Bebas, Puisi Bebas, Lukisan juga boleh, Lagu juga boleh.. Apa aja deh... yang penting ASLI bikinan sendiri

Tulisan dan lagu dalam bentuk file bisa dikirim ke email leaguie@gmail.com atau di note dan tag aku atau ke LA Computer Jl. Kauman No. 3 yaaa..-Kalau Lukisan dan Komik serahkan aja ke saya atau ke LA Computer mbak Inti atau Santi. OKEEEE...

DITUNGGUUU KARYA-KARYA DAHSYATNYAA...MAN JADDA WAJADA!!..SEMANGAATTT!!..(^.^)/..

____________________________________________
Berawal dari keprihatinan saat anak-anak diminta berpendapat tentang sebuah berita atau artikel, atau diminta untuk mendiskripsikan sesuatu, pendapat atau diskripsi itu serasa dangkal dan tidak spesifik. Seorang guru "kurang kerjaan" meminta anak-anak itu untuk membaca buku yang mereka sukai, membaca bebas buku apa saja termasuk komik pokoknya yang mereka sukai, kemudian setiap selesai membaca buku, mereka wajib untuk menuliskan perasaan mereka di note di FB atau di wall guru itu.
http://untukanakbangsa.blogspot.com/2011/11/nikmatnya-membaca.html

Tugas ini akhirnya berkembang, ternyata tulisan anak-anak sangat dahsyat, kemudian kategori tulisan ditambah, selain review buku, anak-anak juga dapat menulis puisi, novel dan cerita pendek dengan tema bebas, bahkan menulis pengalaman buruk mereka saat membaca (inspirasinya karena ada seorang anak yang mengeluh tidak suka membaca apapun)

Untuk lebih menarik, akhirnya dibuatlah semacam sayembara bertajuk Nikmatnya Menulis...\(^.^)/.., tulisan favorit dan terbanyak disimak dan dikomen akan menjadi pertimbangan tersendiri-

Akhirnya penerima award untuk periode II bisa di simak disini http://kemerdekaanmenulis.blogspot.com/2012/01/penerima-award-sayembara-nikmatnya.html

Jumat, 30 Desember 2011

Selaksa cita menjadi guru kehidupan

by Such Nurani on Saturday, December 31, 2011 at 4:05am

Di akhir tahun ini, aku kembali teringat tentang cita cita. Cita cita yang harus digantungkan setinggi langit, sehingga untuk meraihnya kita harus melewati proses yang tidak mudah. kesungguhan, ketekunan, kefokusan, keseriusan, adalah beberapa komponen penting untuk menggapainya.
Bicara soal cita cita, banyak yang telah aku cita citakan selama ini. Dulu, waktu kecilku, aku ingin menjadi dokter -- agar bisa mengobati temanku yang sakit -- (haha kayak iklan), kemudian aku berangan angan menjadi pramugari --bisa traveling gratis ke seluruh dunia =D --, selain itu aku juga ingin menjadi astronot -- terinspirasi dari lagu Ambilkan Bulan Bu ciptaan A.T Mahmud --, selanjutnya, aku ingin menjadi pembaca berita -- menggantikan Putra Nababan, atau menjadi penyiar berita berjilbab pertama di Metro TV --, menjadi penulis -- memadukan ilmu sain dan kehidupan dalam sebuah buku, seperti Andrea Hirata -- tapi, dari semua citaku itu yang sangguhku ingini adalah menjadi guru.
Jika temanku ingin menjadi guru serba bisa, aku hanya ingin menjadi guru kehidupan. Guru kehidupan yang menguraikan kebaikan dalam tutur dan lakunya, yang bisa memberikan semangat untuk sesama, yang mampu mengajak sesama berpikir positif tentang hidup. Ya. Itulah cita citaku. Menjadi guru kehidupan, yang mengajari sesama lewat tutur, tingkah, ataupun tulisan tulisanku. Ya. Itulah cita citaku. Menjadi guru kehidupan yang tidak dibatasi meja, kursi, ruangan, buku, dan tetek bengek yang identik dengan pendidikan. Karna keyakinanku, aku dan semua orang bisa menjadi guru kehidupan bagi sesamanya, apapun profesinya. Misal saja, seorang penulis mengajarkan hidup lewat nilai nilai dan amanat yang tersirat dalam tulisanya, seorang buruh mengajarkan hidup lewat etos kerjanya yang tinggi, seorang pemimpin mengajarkan kehidupan dengan kepemimpinanya, seorang ibu mengajarkan kehidupan melalui kasih dan keikhlasanya. Tidak harus benar benar menjadi guru untuk mendapatkan tittle 'guru'.
Itulah cita citaku, menjadi guru kehidupan, dan semoga Allah mengijabahnya. Aamiin =)

1 komentar:

  1. Amin, semoga semua cita-cita nya di ridhoi Alloh. Aku juga ingin jadi guru, tapi jadi murid juga. Terutama murid pertama dari tulisanku sendiri.

    BalasHapus