NIKMATNYA MENULIS...\(^.^)/...

Seperti yang telah dijanjikaaaan ... Eng Ing Eeeng... \(^.^)/..

Hahay.. Sayembara Nikmatnya Menulis di buka lagi untuk periode III dari Maret - 31 Juni 2012.

Tema BEBAS, Cerpen Bebas, KOmik Bebas, Narasi Bebas, Puisi Bebas, Lukisan juga boleh, Lagu juga boleh.. Apa aja deh... yang penting ASLI bikinan sendiri

Tulisan dan lagu dalam bentuk file bisa dikirim ke email leaguie@gmail.com atau di note dan tag aku atau ke LA Computer Jl. Kauman No. 3 yaaa..-Kalau Lukisan dan Komik serahkan aja ke saya atau ke LA Computer mbak Inti atau Santi. OKEEEE...

DITUNGGUUU KARYA-KARYA DAHSYATNYAA...MAN JADDA WAJADA!!..SEMANGAATTT!!..(^.^)/..

____________________________________________
Berawal dari keprihatinan saat anak-anak diminta berpendapat tentang sebuah berita atau artikel, atau diminta untuk mendiskripsikan sesuatu, pendapat atau diskripsi itu serasa dangkal dan tidak spesifik. Seorang guru "kurang kerjaan" meminta anak-anak itu untuk membaca buku yang mereka sukai, membaca bebas buku apa saja termasuk komik pokoknya yang mereka sukai, kemudian setiap selesai membaca buku, mereka wajib untuk menuliskan perasaan mereka di note di FB atau di wall guru itu.
http://untukanakbangsa.blogspot.com/2011/11/nikmatnya-membaca.html

Tugas ini akhirnya berkembang, ternyata tulisan anak-anak sangat dahsyat, kemudian kategori tulisan ditambah, selain review buku, anak-anak juga dapat menulis puisi, novel dan cerita pendek dengan tema bebas, bahkan menulis pengalaman buruk mereka saat membaca (inspirasinya karena ada seorang anak yang mengeluh tidak suka membaca apapun)

Untuk lebih menarik, akhirnya dibuatlah semacam sayembara bertajuk Nikmatnya Menulis...\(^.^)/.., tulisan favorit dan terbanyak disimak dan dikomen akan menjadi pertimbangan tersendiri-

Akhirnya penerima award untuk periode II bisa di simak disini http://kemerdekaanmenulis.blogspot.com/2012/01/penerima-award-sayembara-nikmatnya.html

Rabu, 14 Desember 2011

Review The Kite Runner

by Coolisnoer WillbeConsisted on Thursday, December 15, 2011 at 11:21am

schol.wordpress.com
Review dari hal-hal menarik cerita/novel the kite runner.
“Dalam suratnya, Hasan mengatakan bahwa pohon delima yang berdiri di sana sudah bertahun-tahun tidak berbuah lagi. Saat melihat pohonnya yang gundul tanpa daun, aku meragukan pohon itu bia kembali berbuah. Aku berdiri di bawah pohon itu, mengingat saat-saat kami berdua memanjatnya, duduk di cabang-cabangnya, kaki kami berayun-ayun, sinar matahari menerobos dedauan dan menimpa wajah kami menghasilkan mozaik cahaya dan bayangan. Aroma delima yang tajam menari-nari dalam mulutku” (The Kite Runner : 352).

Adalah sepenggal paragraph dalam novel The Kite Runner yang mengajak saya (pembaca) untuk terrenyuh hatinya. Penulis begitu hebat menggambarkan kenangan-kenangan masa kecilnya dengan kata-kata yang seakan-akan kita para pembaca ikut hadir disana dan melakukan apa yang penulis ceritakan. Tidak hanya itu, novel ini adalah novel yang benar-benar mampu menghidupkan kata-katanya dalam hatiku (mungkin juga pembaca yang lain). Seakan-akan kenangan yang diceritakannya adalah apa yang saya alami walaupun tidak saya alami, jadi benar-benar bisa hidup dalam hatiku. Setiap kata-katanya seakan menyentuh ulu kalbu sehingga bagi yang tidak kuat, akan meneteskan air mata, begitu menyentuh dan penuh kenangan.

Novel yang penuh cerita kenangan manis dan pahit penetes air mata the kite runner ini, selain membawakan cerita yang mengesankan juga mampu mengangkat sejarah negerinya yang tak menentu. Sejak runtuhnya kekuasaan monarki yang dipimpin raja zahir shah oleh sepupunya sendiri, kemudian diubahnya menjadi bentuk pemerintahan republik, pendudukan bangsa komunis, pendudukan kaum Taliban, hingga akhirnya merdeka tahun 2001 semuanya diceritakan secara tersirat, sehingga secara tidak langsung novel ini mengumumkan sejarah negerinya kepada masyarakat dunia yang tidak semua orang akan mau membacanya langsung. Semuanya itu dituliskan seakan-akan nyata dan baru saja kita mengalaminya, karena dengan kata-katanya itu seolah-olah kita pun ikut hadir dalam cerita bersejarah itu, dan baru saja kita di sana mengalaminya.

Kisah persahabatan 2 insan yang akhirnya diketahui mereka adalah saudara tiri itu adalah sebuah kisah yang paling mengharukan. Bermain laying-layang, mendaki bukit, memanjat pohon, memetik buah, selalu mereka lakukan bersama-sama. Tokoh Hasan yang tidak sekolah itu adalah contoh sahabat yang baik dan setia. Walaupun ketulusan kesetiaannya selalu dibalas air tuba karena jiwa psikologis sahabatnya  itu, namun tak pernah sedikitpun dia menyesal memiliki seorang sahabat seperti itu. Kepolosannya pada hal-hal ilmiah karena ketidakberdayaan merubahnya dan juga selalu menerima apapun yang didapatkannya tanpa rasa keluh sama sekali adalah  sifat yang memiliki rasa tersendiri bagi saya (pembaca).

Hampir semua dalam novel ini berisi kisah-kisah yang menggugah, terlebih novel ini juga menceritakan konflik-konflik eksternal yang sangat menegangkan, yang juga seolah mengajak pembaca untuk andil dalam kisahnya melalui kata-katanya, membuat novel ini bagiku novel yang menggugah emosi dengan sungguh-sungguh membuat hati tersentuh.

Itulah hal-hal yang menarik dari novel the kite runner bagiku. Setiap kalimatnya mengandung makna tersirat yang sangat mengharukan. Kisah persahabatan yang pada akhirnya harus berpisah dan menjalani hidup masing-masing, serta ketulusan seorang sahabat, memberikan kesan yang sungguh sulit diungkapkan, namun pada intinya cerita tersebut adalah cerita yang mengangkat nilai-nilai kemanusiaan atas sebuah persahabatan yang sulit dilupakan dan dapat dirasakan kisah-kisahnya dalam kehidupan nyata (ku) pembaca pada saat-saat tertentu.

ceritanya sangat bagus dan menggugah untuk terus dibaca, dan I like it. I would imitate his style to tell. .)" " dream...)

 name  : Nur Kholice
 class  : XII.IA-2

1 komentar:

  1. bener banget...novel yang keren
    Splendid Sun karya yang kedua juga gak kalah keren

    Dulu mb pernah nulis ini tentang buku dan filmnya

    http://happywithavis.multiply.com/journal/item/401

    BalasHapus